Tuesday, May 24, 2011

Kenapa Oriflame? Kenapa dBCN?

Menurut Tung Dasem Waringin seorang pakar marketing yang juga sebagai motivator kelas atas, untuk melihat apakah tawaran sebuah bisnis MLM itu bernilai atau tidak, menurutnya dapat dilihat dari:

1. Kualitas dari produk atau jasanya!.
2. Compensation Plan nya itu sendiri.



Produk Oriflame adalah produk kosmetik dengan kualitas tinggi yang berasal dari Swedia. Oriflame tidak memiliki pabrik sendiri di Indonesia sehingga seluruh produk di import langsung dari Swedia dengan sangat menjaga kualitasnya. Produk Oriflame terbagi menjadi beberapa kelas dan penggunaan, misalnya serial Geordani Gold yang memiliki kualitas terbaik dengan segmen wanita dewasa dibanding produk Oriflame serial Vision yang lebih ditujukan bagi anak muda dengan warna-warna yang lebih berani.


Compensation atau sistem bonus di Oriflame sangat FAIR, kenapa? Karena Oriflame tidak menggunakan sistem piramid, sehingga apabila seorang downline memiliki prestasi yang lebih baik dari upline nya maka ia berkesempatan untuk mendapatkan bonus lebih tinggi, sehingga siapapun yang lebih dulu bergabung belum tentu memiliki penghasilan lebih besar daripada yang belakangan bergabung. Dan di Oridlame, perhitungan bonus BUKAN berasal dari uang pendaftaran orang yang berada di jaringannya. Namun berdasarkan komisi apabila orang yang diajak bergabung membeli atau menjual produknya. 

Trus kenapa dBCN?
dBCN adalah sebuah grup yang mempelopori fasilitas online bagi member yang bergabung, dimana fasilitas ini telah terbukti dengan menjadikan dBCN sebagai grup tercepat perkembangannya di Indonesia. dBCN berdiri sejak Agustus 2006 dan setiap bulannya melahirkan banyak sekali peraih level-level baru, Executive Diamond, Double Diamond, Senior Diamond, Diamond, Sapphire Director, Senior Gold Director, Gold Director, Director... Banyak banget...
Dengan fasilitas online bukan berarti kita ga bisa menjalankan bisnis secara offline lho, karena ini hanya sebagai pilihan saja. Namun ditengah perkembangan internet yang cepat, sungguh sangat dibutuhkan informasi yang cepat dari manajemen Oriflame ke konsultannya, dan itu kami dapatkan dari fasilitas dBCN, sehingga ga bakal deh ketinggalan berita penting terutama yang menyangkut penjualan dan promosi.
Di dBCN training dapat dilakukan secara offline dan online tergantung dari waktu yang dimiliki masing-masing konsultan, dan disesuaikan dengan kebutuhannya. Selain training tentang sistem dan produk, dBCN juga memberikan training tentang Internet Marketing, pengembangan diri, kepemimpinan dan tips naik level.


Sekarang kenapa pilihan berbisnis MLM lebih menarik dari pada kerja kantoran maupun berbisnis konvensional?
yuk kita bandingkan saja...


Dari sisi modal
- Karyawan perlu sekolah yang tinggi dengan nilai yang baik bahkan pengalaman kerja untuk masuk di perusahaan yang bonafid dengan gaji yang tinggi. 
- Bisnis perlu modal yang besar untuk membeli stok, sewa ruangan, membayar karyawan dan iklan
- Oriflame hanya memerlukan 39.900 sebagai uang pendaftaran dan pengganti starter kit


Dari sisi penghasilan
- Karyawan baru lulusan S1 kemungkinan dapat bekerja di perusahaan menengah dengan penghasilan sekitar 2juta/bln dan tidak naik gaji sampai setahun, karena kenaikan gaji biasanya setahun sekali dengan kenaikan sekitar tingkat inflasi.
- Bisnis biasanya di awal belum memdapatkan keuntungan karena dana besar sudah tersedot oleh modal awal, dan BEP tergantung dengan omset yang dicapai.
- Oriflame dengan bergabung dan menggunakan katalog untuk menjualnya, sudah bisa mendapatkan keuntungan 23% dari harga katalog, belum lagi kalau dikombinasikan dengan merekrut, berdasarkan pengalaman saya, dalam waktu 1tahun, penghasilan saya di Oriflame telah mencapai 9juta/bulan. Dimana terdapat kenaikan bonus tiap bulannya tergantung jaringan kita yang memungkinkan kita untuk mendapatkan bonus lebih besar lagi setiap bulannya.


Dari sisi waktu
- Karyawan yang tinggal di pinggiran kota (terutama Jakarta) biasanya harus berangkat ke kantor disaat masih gelap atau sekitar jam 5.30 dan kembali sampai ke rumah pun baru sekitar jam 20.00 akibat dari kemacetan yang luar biasa ditambah jarak yang jauh antara rumah dan kantor. Apabila anda seorang ibu pasti akan berasa banget dengan sedikitnya waktu bertemu dengan anak anda, dan repotnya dengan masalah pembantu yang mengawasi anak anda.
- Bisnis biasanya ada peak season dan low season, tergantung produknya. misalnya produk mukena/jilbab biasanya booming saat mendekati musim lebaran dan akan melemah setelah musim lebaran.
- Oriflame memberikan kebebasan waktu, dimana konsultan dapat melakukannya disaat luang dan disesuaikan dengan kebutuhannya.


Jadi? Mau pilih yang mana? Tentunya terserah anda... Karena yang akan menjalani hidup adalah anda sendiri dan yang akan merasakan kesuksesan anda adalah keluarga anda sendiri.